Home / Berita Kampus / WORKSHOP PENYUSUNAN SOP UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

WORKSHOP PENYUSUNAN SOP UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Dan Evaluasi Peta Proses Bisnis dan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.  Universitas Islam Lamongan (Unisla) sebagai institusi pendidikan tinggi berperan penuh dalam pelayanan masyarakat akan kebutuhan pendidikan tinggi. Untuk mendorong penyelenggaraan akademik yang efektif, efisien, dan akuntabel di lingkungan Unisla, kualitas pelayanan di seluruh sektor perlu ditingkatkan. Secara operasional, wujud peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat adalah perbaikan dan penyempurnaan proses penyelenggaran administrasi pendidikan sehingga lebih mencerminkan birokrasi yang mampu menjalankan fungsi pelayanan yang berkualitas, memuaskan, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas tersebut, diperlukan ketersediaan standar operasional prosedur (SOP) sebagai pedoman/petunjuk bagi para aparatur dalam melaksanakan tugas pelayanan dan bagi masyarakat pengguna layanan (pelanggan) untuk mengetahui/memahami akan suatu prosedur pelayanan yang dilakukan aparatur. Dengan demikian, dapat dihindarkan tumpang tindih tanggung jawab dan kesalahan prosedur dalam melaksanakan tugas.

Untuk menjamin adanya kesamaan pengertian dan keseragaman dalam penyusunan, maka Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Unisla memandang perlu adanya workshop Penyusunan standar operasional prosedur (SOP) di lingkungan Unisla. Secara umum lingkup workshop ini adalah penyusunan urain tugas, melakukan identifikasi, mengevaluasi sistem tatakelola yang ada. Secara umum, tujuan utama dari workshop ini adalah untuk menghasilkan SOP pada seluruh unit kerja di Unisla sebagai bentuk tindak lanjut dari komitmen peningkatan kualitan kerja dan pelayanan yang ada di Unisla.

Workshop Penyusunan SOP Unisla dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis tanggal 26—28 November 2019 di Aula Unisla (26 November 2019) dan di @HOM Premiere GKB Gresik (27—28 November 2019), dengan peserta dari unsur Biro, UPT, dan Lembaga yang ada di lingkungan Unisla. Luaran dari kegiatan ini adalah Dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mampu membangun hubungan dan tata kerja unit kerja serta pelayanan publik secara profesional, efektif dan efisien.

About admin

Check Also

SOSIALISASI INSTRUMEN APS 4.0, 9 KRITERIA BAN-PT & MONEV PELAKSANAAN IMPLEMENTASI SPMI OLEH PPM UNESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *